Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, September 07, 2009

Telkom antisipasi lonjakan trafik Lebaran

MAKASSAR: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyatakan jaring­an dan infrastruktur perseroan telah siap menghadapi lonjakan trafik data dan suara selama libur Idul Fitri, khususnya di kawasan timur Indonesia.

Produk BUMN telekomu­ni­kasi itu a.l. telepon ru­­mah, Telkom Net Instant, Astinet, TelkomSpeedy, Telkom­Flexi, dan Telkomsel.General Manager Network Regional Kawasan Timur Indonesia Telkom Risal Basri mengatakan outgoing dan incoming call, koneksitas internet atau komunikasi data, serta layanan pesan pendek (SMS) diestimasi melonjak tajam seperti Lebaran­ tahun silam.

“Semua sistem dan perangkat telah dipersiapkan untuk mengantisipasi kondisi Lebaran tahun ini,” kata Risal dalam siaran pers, pekan­ lalu.

Dia menjelaskan back-bone ring Sulawesi dalam kondisi siap operasi karena baru saja selesai dibangun. Jaringan transmisi menggunakan kabel serat optik dengan sistem transmisi DWDM (Dense Wavelength Division Multiplexing). Kapasitasnya 400 gigabit atau 40 lambda setara 40x60 STM-1 meliputi rute Sulawesi dan Kalimantan.

Deputy Executive GM Flexi Telkom Yudi Achmadi menambahkan layan­an Flexi­COMBO secara na­­sio­nal­ juga diperkirakan aman karena telah disiagakan 4,11 juta nomor dari total pelanggan sebanyak 13,7 juta.


Hal ini didasarkan pada tren perpindahan panggilan terusan FlexiCOMBO dari tahun ke tahun yang stabil pada kisaran 30%.Telkom juga akan terlibat secara lebih emosional dengan pelanggan lewat pen­dirian posko pada H-14 sam­pai H+14.

Di samping posko, ada pula Pos TelkomPeduli di Pelabuhan Soekarno Hatta, serta dua pelabuhan di Bali, yakni Gilimanuk dan Padang Bai.

Di posko ini disediakan layanan umum (ta’jil dan air mineral, tempat istirahat­, relaksasi dengan alat pijat dan P3K) dan layanan infor­masi.Di samping itu, layanan publik berupa aktivasi produk, telepon dan internet gratis, peta mudik, lokasi rumah sakit, polisi, rumah ibadah, dan SPBU.