Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Juli 29, 2009

Bulog tambah stok antisipasi El Nino

MAKASSAR: Perum Bulog Divre Sulsel mengantisipasi ancaman badai El Nino dengan meningkatkan stok beras. Hal ini dilakukan mengingat musim tanam akhir tahun ini diperkirakan mundur hingga Februari 2010.

“Kami mengantisipasi badai El Nino dan mundurnya musim tanam dengan menyediakan stok beras 196.000 ton untuk 19 bulan ke depan,” ungkap Umar Said, Kasie Humas Perum Bulog Divisi Regional Sulsel, kemarin. Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan stok tersebut ditambah karena Bulog terus melakukan penyerapan.

“Penyerapan rata-rata per hari 500–1.000 ton. Bila tidak terganggu badai El Nino dan La Nina, saat terjadi puncak panen Bulog bisa menyerap hingga 5.000 ton per hari,” ujar Umar. Mengantisipasi badai El Nino nanti, jelas Umar, selain menyiapkan stok beras yang cukup, Bulog Sulsel juga selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk selalu mengecek ketersediaan beras di gudang Bulog.

“Tetapi untuk ketahanan stok saat ini, dipastikan cukup hingga 2010 nanti,” tandasnya. Menurut Umar, realisasi penyerapan beras di Sulsel hingga Juli ini sudah mencapai 256.000 ton, atau sekitar 43% dari target 600.000 ton. Pencapaian ini lebih tinggi jika dibandingkan­ dengan realisasi penyerapan­ Juli 2008 yang hanya mencapai 206.000 ton.

Kepala Dinas Pertanian Sulsel Lutfi Halide mengatakan telah meng­anjurkan daerah yang tidak memiliki sawah tadah hujan agar menanam palawija, seperti­ jagung, kacang hijau, dan kedelai untuk mengurangi dampak. Sementara untuk daerah yang masih memiliki sawah tadah hujan, dianjurkan menanam padi.