Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Juli 01, 2009

Pemkab Keerom & PT Tandan buka kebun sawit

JAYAPURA: Pemerintah Kabupaten Keerom, Papua, menggandeng PT Tandan Sawita Papua (TSP) membuka perkebunan kelapa sawit dengan pola kemi-traan.

PT TSP merupakan anak perusahaan konglomerasi Grup Rajawali. Perusahaan ini membuat kesepakatan dengan Pemkab Keerom membangun kebun sawit di Distrik Arso Timur seluas 26.300 hektare.

Hal tersebut dike-mukakan Wakil Ketua DPRD Keerom Herman Yoku di Arso, ibu kota Keerom, kemarin. Keterlibatan TSP, menurutnya, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat terutama penyerapan tenaga kerja.

Terkait hak ulayat masyarakat di atas tanah yang dikelola investor perkebunan sawit, pemkab telah mengadakan pertemuan segi tiga dengan investor dan masyarakat pemilik hak ulayat.

Dalam pertemuan itu, kata Herman, disepakati hak dan kewajiban setiap pihak terutama kewajiban TSP kepada pemilik hak ulayat.

Menurutnya, TSP dimin-ta menata dan membangun pemukiman masyarakat di sekitar perkebunan, serta meningkatkan sarana dan prasarana umum.

Selain itu, diwajibkan membina dan membantu mengangkat ekonomi masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan perkebunan.

TSP menggelar pelatihan keterampilan bagi calon karyawan yang akan direkrut perusahaan ini, maupun bagi masyarakat sekitar disesuaikan dengan bakat dan kemampuan mereka.

Sedangkan mengenai status hak ulayat, menurut Herman, telah dilepaskan secara resmi kepada TSP untuk pembangunan perkebunan kelapa sawit. Meski demikian, paparnya, tanah tersebut tetap menjadi milik masyarakat.