Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Juli 22, 2009

El Nino ancam musim tanam di Sulsel

MAKASSAR: Fenomena alam El Nino yang menyebabkan kemarau panjang mengancam­ musim tanam di Sulsel sebab debit air dan curah hujan menurun.­ Sujarwo, Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar, mengatakan­ peluang terjadinya El Nino di Sulsel sangat tinggi antara 70% hingga 80%.

Menurutnya, El Nino terjadi karena suhu permukaan laut di Samudera Pasifik meningkat. Akibatnya, daerah yang dilalui garis ekuator akan menga­lami musim kering yang panjang. Di Indonesia dampak El Nino hanya dirasa­kan sebagian wilayah, seperti Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Fenomena El Nino di Sulsel sudah terasa­ sejak Juni, yaitu meningkatnya suhu udara hingga sa­ngat kering dan dingin, meskipun terjadi hujan kecil. “Pekan lalu hujan memang mengguyur tapi curah hanya berkisar 10-12 mm, padahal normalnya curah hujan pada Juni-Juli di Sulsel 20-30 mm,” katanya,­ kemarin.

Sujarwo memperkirakan El Nino akan terja­di­ pertengahan­ Agustus tahun ini. Akibatnya, pola musim akan berubah, padahal secara normal musim hujan terjadi minggu pertama atau kedua November. “Kalau El Nino ada maka kemungkinan hujan baru bisa terjadi pada Desember,” ujarnya.

Menurutnya pola tanam pun berubah karena pasokan air sangat kurang. “Ini tentu membawa dampak besar bagi petani­ di Sulsel,” kata Sujarwo. Dia menyarankan Pemprov Sulsel membenahi irigasi atau waduk untuk penampungan air sebab bukan tidak mungkin terjadi kekeringan.