Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, November 25, 2008

2.500 koperasi bakal tak kebagian dana

Laporan Danni Julius
BALIKPAPAN: Sedikitnya 2.500 koperasi di seluruh Indonesia di duga tidak akan bisa memanfaatkan dana bergulir dari Kementrian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).Dana ini sejatinya merupakan dana perkuatan bagi koperasi dan UMK di seluruh Indonesia.

Kementerian mempertimbangkan banyak aspek untuk menyalurkan dana bergulir di tahun ini, antara lain waktu yang sudah terlalu singkat menjelang berakhirnya anggaran 2008.

Selain itu kementerian harus membuat aturan pelaksana dan sosialisasi ke seluruh pelosok daerah. Kenyataannya, menjelang tutup tahun 2009, persyaratan dan aturan terkait pengucuran itu belum bisa dipenuhi.

Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Suryadharma Ali mengungkapkan, jumlah dana yang dipastikan tidak bisa dikucurkan adalah Rp. 381,3 miliar di 2008 ini. Itu berarti, tutur Suryadharma, ratusan miliar dana itu besar kemungkinan hangus.

"Jumlah itu per tanggal 24 November ini ya. Kenapa? Karena aturan-aturan yang terkait pelaksanaannya tidak lengkap," tutur Suryadharma usai konsolidasi dengan sejumlah petinggi PPP di Balikpapan, Kalimantan Timur, kemarin.

Sebaliknya, tambah Suryadharma, sisa waktu yang ada tak mungkin lagi bisa digunakan secara optimal, apalagi dicairkan. Dengan begitu, dana itu terpaksa kembali ke Negara.

"Sedangkan kita mendekati (tutup anggaran) 15 Desember. Kalaupun dipaksakan dicairkan, itu berarti memancing kecerobohan. Semua ini karena masalah waktu sudah sangat mepet," tuturnya.