Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, November 26, 2008

Petani tebu Sulsel dapat dana Rp11 miliar

Laporan Ica Sitti

MAKASSAR: Kepala Dinas Perkebunan Sulsel Burhanuddin Mustafa mengemukakan, program tebu rakyat Indonesia (TRI) adalah sistem perkebunan tebu dengan melibatkan petani dalam lahan sendiri.

Untuk tahun 2008 program ini didanai APBN sebesar Rp11 miliar, dialokasikan bagi petani tebu rakyat di Sulsel. Dana TRI diberikan kepada petani di sekitar Pabrik Gula Camming Kabupaten Bone dan Pabrik Gula Takalar di Kabupaten Takalar dan Gowa.

Menurut Burhanuddin, petani mendapatkan bantuan dana bibit, pupuk, pemeliharaan, pengangkutan hingga pengolahan. “Pengolahannya menjadi gula diproses di PTPN XIV dengan sharing 65% bagi petani dan 35% untuk PTPN XIV, “ tutur Burhanuddin di Makassar, Senin.

Burhanuddin berharap dana itu dapat bergulir di kelompok tani penerimanya. Pasalnya dana tidak dikembalikan lagi kepada pemerintah. Sedangkan pengawasannya dalam bentuk pendampingan pada kelompok tani di masing-masing daerah. Untuk pendampingan disediakan dana APBD Sulsel sebesar Rp200 juta.

Program TRI dimulaui sejak tahun 2006 di mana dananya disalurkan melalui kelompok tani. Setiap kelompok tani mendapatkan dana Rp12,5 juta untuk kebun bibit. Sedangkan untuk penanaman kebun baru mendapat dana Rp9,5 per kelompok tani. Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang berharap income per kapita petani dapat meningkat melalui bantuan TRI. Pasalnya mereka mendapatkan dana gratis dari pemerintah.