Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, November 25, 2008

Surplus beras Sultra turun

Laporan Syahrir
KENDARI: Kepala Dinas Pertanian Sulawesi Tenggara Imam Subagjo, mengatakan surplus beras 2008 di provinsi ini turun dibandingkan 2007. Tahun 2007, Sultra surplus sekitar 30.955 ton namun tahun 2008 hanya mencapai 28.500 ton.

Menurut Imam, penyebab utama turunnya surplus karena hasil panen dijual ke luar provinsi. Selain itu, panen di sentra-sentra produksi beras juga tidak dilakukan secara serentak. Pengaruh lain adalah, sejumlah petani beralih profesi menjadi penambang emas setelah ditemukan tambang emas di Kabupaten Bombana.

Imam meminta masyarakat tidak perlu cemas dengan penurunan ini. Dia menjamin, Sultra tidak akan mengalami krisis pangan seperti yang dikhawatirkan kendati terjadi penurunan produksi. ”Alih profesi ini hanya bersifat sementara. Angka penurunannya pun masih bersifat perkiraan dinas pertanian. Angka pastinya akan diketahui dari BPS ( Badan Pusat Statistik),” kata Imam di Kendari, Jumat.

Imam optimistis produksi gabah kering giling (GKG) hingga penghujung Desember nanti akan menunjukkan tren peningkatan jika dibandidngkan tahun lalu. Tahun ini, Sultra menargetkan GKG 435 ribu ton dengan luas areal garapan mencapai 93.113 ha. Tahun 2007, Sultra hanya menghasilkan 423.316 ton dengan luas garapan mencapai 110.498 ha.