Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, November 27, 2008

Produksi air PDAM berangsur normal

Laporan Afrina

MAKASSAR: Produksi air bersih di lima Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Makassar berangsur normal pascakekeringan yang terjadi di sejumlah bendungan. Humas PDAM Makassar Jufri Sakka mengatakan secara keseluruhan kapasitas produksi lima IPA sebanyak 2.340 liter per detik untuk melayani 153.602 pelanggan.

PDAM memiliki lima IPA yakni IPA I Ratulangi berkapasitas 50 liter per detik, IPA II Panaikang 1.000 liter per detik, IPA III Antang 90 liter per detik, IPA IV Maccini Sombala 200 liter per detik, dan IPA V Somba Opu 1.000 liter per detik.

Produksi air bersih IPA II Panaikang beberapa bulan terakhir hanya 350 liter per detik atau susut 85% dari produksi normal sekitar 1.000 liter per detik. Hal itu karena volume air baku Bendungan Lekopancing, Maros, yang berkurang 30%.

PDAM pernah memprediksi puncak krisis air bersih di Makassar akan terjadi November ini akibat musim kemarau. Prediksi tersebut didasarkan pengalaman setiap tahun, di mana puncak krisis di Lekopancing terjadi November. “Untung tahun ini pergantian musim terjadi di November sehingga pelanggan tidak berlarut-larut merasakan krisis air bersih khususnya di wilayah utara dan timur kota,” ungkap Jufri, kemarin.