Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, November 27, 2008

Piutang lelang komoditi capai Rp200 miliar

Laporan Sulfaedar

MAKASSAR: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel mengungkapkan piutang lelang komoditi unggulan mencapai Rp200 miliar dari total transaksi Rp800 miliar selama 24 kali lelang sejak 2003. Pembeli menunda pembayaran karena kecewa produk yang diterima tidak sesuai standar mutu dan volume yang disepakati./span>

“Dalam perjanjian tertera barang kualitas nomor satu tetapi pembeli menerima tidak sesuai sehingga terjadi tunda bayar,” kata Kadisperindag Amal Natsir usai membuka Pameran Produk Ekspor Daerah (PPED) ke-IV di Makassar, kemarin.
Amal menduga banyak pembeli menunda pembayaran disebabkan komoditi dijual dengan metode forward, di mana pembayaran dilakukan setelah barang diterima di lokasi tujuan. Dalam metode itu, pembeli baru menerima barang hasil lelang dua sampai tiga bulan ke depan.

Masa penantian itu, kata Amal, dimanfaatkan pemilik barang untuk mengumpulkan komoditi sesuai perjanjian. Namun di lapangan terjadi penyimpangan seperti kualitas menurun, termasuk volume barang berkurang.