Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, November 28, 2008

Anggaran promosi wisata Sulsel Rp1 miliar

Laporan Afrina

MAKASSAR: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menganggarkan promosi wisata dalam APBD 2009 sebesar Rp1 miliar. Wakil Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata MS Mallombasi mengatakan anggaran promosi selama ini masih sangat minim karena rata-rata hanya mencapai Rp1 miliar per tahun.“Potensi objek wisata di Sulsel semakin meningkat, tapi untuk menggenjot potensi itu anggaran yang dialokasikan masih minim,” kata Mallombasi di Makassar, kemarin.

Dari hasil perhitungan Dinas Pariwisata, pengembangan pariwisata membutuhkan biaya promosi sekitar Rp3 miliar tiap tahun. “Setidaknya jumlah biaya promosi ini sama dengan yang dialokasikan Pemprov NTB bagi daerahnya,” kata Mallombasi.Sejauh ini, Pemprov telah melakukan swastanisasi objek seperti Benteng Somba Opu yang dikelola satu pengusaha Bali. Begitu pula Pantai Barombong yang sudah diincar investor sedangkan Benteng Rotterdam tengah menunggu peminat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Ama Saing akan mengoptimalkan empat klaster di daerah itu sebagai tindak lanjut pengembangan pariwisata. Empat klaster itu yakni klaster kepulauan di Kota Makassar, klaster karst di Kabupaten Maros dan Pangkep, klaster bahari di Kabupaten Selayar, serta klaster danau di Luwu Timur.