Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, November 25, 2008

Pembangunan middle ring road tersendat

Laporan Afrina
MAKASSAR: Pembangunan middle ring road atau jalan lingkar yang penghubungkan Kabupaten Maros, Kota Makassar, Sungguminasa, dan Takalar (Mamminasata) pada 2009 mendatang diprediksi molor hingga 2010.

Kepala Perencanaan Jalan dan Jembatan Kota Makassar, Oktavianus mengatakan belum lama ini. Menurut Oktav, banyak kendala dalam proyek pembangunan jalan nasional yang berkonsep tol itu. Di antaranya, desain Japan International Cooperation Agency (JICA) belum sempurna.

Selain itu, kondisi Jepang yang sedang dilanda resesi ekonomi ikut memengaruhi jalannya pembangunan middle ring road. “Banyak hal yang membuat kami pesimistis dalam pembangunan jalan ini. Termasuk masalah pembebasan lahan oleh Pemerintah Kota Makassar,” kata Oktav.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, jalan nasional berkonsep tol ini dimulai dari jalan Syech Yusuf, Kabupaten Gowa menuju jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar dengan panjang 7,1 kilo meter, lebar 40 meter, dan 10 meter median jalan dengan 6 lajur.

Kabid Ekonomi, Sosial, dan Budaya Kota Makassar, Suwidnyo membenarkan saat ini masih terjadi tarik ulur antara Pemkot Makassar dengan Binamarga terkait konsep jalan yang akan menggunakan anggaran mencapai Rp800 miliar itu.