Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, November 28, 2008

ABI minta keran ekspor beras dibuka

Laporan Sulfaedar

MAKASSAR: Asosiasi Beras Indonesia (ABI) Sulsel mendesak Perum Bulog membuka keran ekspor beras ke negara Asia menyusul harga di luar negeri mencapai Rp10.000–Rp10.600 per kg. Ketua ABI Sulsel Akifuddin mengungkapkan ekspor beras harus segera dilakukan untuk meningkatkan penghasilan petani serta memacu produksi.Dia mengatakan Malaysia dan Singapura merupakan negara tujuan yang menguntungkan. “Bulog harus memberi kuota kepada petani dan mitra petani untuk mengekspor. Jangan hanya bisa mengimpor beras, nanti petani tidak dapat menikmati harga tertinggi,” katanya, kemarin.

Keinginan ABI itu didasarkan pada fakta bahwa perdagangan beras antarpulau jauh lebih besar dibanding daya serap Bulog.Dia mengaku ABI sudah mengantarpulaukan beras Sulsel sebesar 700.000 ton, namun perdagangan tersebut hanya mengikuti harga pasar Rp4.500 – Rp4.800 per kg.

ABI juga meminta pemerintah pusat merevisi harga pembelian pemerintah (HPP) yang tahun ini sebesar Rp4.500 per kg. Menurutnya, harga tersebut sangat rendah. Dia mengusulkan HPP naik 15% menjadi sekitar Rp5.000 per kg.