Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, November 26, 2008

Bulog pesimistis serap 600 ribu ton beras

Laporan Sulfaedar

MAKASSAR: Perum Bulog Divre Sulsel pesimistis mampu menyerap gabah setara beras maksimal 600 ribu ton hingga akhir tahun ini. Hal itu disebabkan terjadi penurunan drastis daya serap Bulog dari sebelumnya 3.000 ton hingga 5.000 ton per hari [bulan Juni – September] menjadi hanya 1.000 ton per hari saat ini.

Kepala Humas Bulog Divre Sulsel Umar Said, mengungkapkan hal itu di ruang kerjanya, kemarin. Umar mengungkapkan untuk mencapai prognosa 600 ribu ton maka daya serap harus lebih dari 5.000 ton per hari. Jika tidak tercapai maka kekurangan dari prognosa sebesar 163 ribu ton sulit terpenuhi hingga akhir tahun ini.

“Petani menahan gabah setara beras dengan harapan pemerintah mengubah HPP. Pemerintah akan meninjau ulang HPP di bulan Januari dan pelaksanaan di bulan Maret 2009. Bulog tidak akan membuka kran pembelian menggunakan non HPP,” ujar Umar. Pelambatan penyerapan beras disebabkan petani menunggu perubahan harga pembelian pemerintah (HPP) di akhir tahun ini. Petani juga berharap Bulog membuka pembelian dengan non HPP. Sampai 25 November 2008 bulog baru menyerap gabah setara beras sebanyak 437 ribu ton.

Umar Said mengungkapkan, Bulog mampu merealisasikan prognosa sebelum masuk bulan Desember. Keyakinan Bulog tersebut berdasarkan produksi beras Sulsel sudah mendekati 2 juta ton. Namun kelompok tani dan mitra menahan untuk tidak menjual ke Bulog. Dia mengaku data kondisi terakhir sudah dilaporkan kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.