Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, November 25, 2008

Sopir angkot mogok massal demi menolak rencana busway

Laporan Danni Julius
BALIKPAPAN: Ribuan pengemudi angkutan kota di Balikpapan, Kalimantan Timur, menolak niat pemerintah kota mendatangkan angkutan massal jenis bus. Penolakan ini disertai mogok massal angkutan kota hingga empat jam di seluruh Balikpapan, dari pukul 08.00-11.00, Senin (24/11).

Ribuan pengemudi mendatangi DPRD Balikpapan di Jl Jendral Sudirman untuk menyampaikan penolakan ini. Mereka menuntut DPRD untuk menekan pemerintah demi menghentikan niat pengadaan bus, yang juga dipelesetkan mereka sebagai busway.

Selagi unjukrasa, para sopir angkot memarkir kendaraan di dua ruas jalan hingga menyebabkan kemacetan di poros utama Balikpapan tersebut. "Kita menolak angkutan massal. Mereka membuat kami kian terhimpit dan penghasilan seluruh sopir angkot banyak sekali berkurang.

Kondisi seperti ini saja sudah memberatkan kami, apalagi ketika bus itu diberlakukan," tutur koordinator kelompok sopir angkot Alfred Warokah.
Penolakan dan mogok itu muncul setelah surat kabar lokal berkali-kali memberitakan rencana pemerintah untuk mengadakan bus.

Sejatinya wacana busway sendiri sudah menggelinding hampir dua tahun sebelumnya. Belakangan, surat kabar lokal gencar memberitakan kalau busway diberlakukan dan diujicoba mulai awal 2009.

Wacana busway sendiri kembali menyeruak ketika Balikpapan kembali memperoleh Wahana Tata Nugraha (WTN) ke-14 pada Januari 2008. Balikpapan memperoleh hadiah dua minibus berkapasitas penumpang sejumlah 20 orang.