Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, November 26, 2008

Bank Century Makassar normal

Laporan Afrina

MAKASSAR: Aktivitas Bank Century Cabang Makassar berangsur normal pasca gagal kliring beberapa hari lalu. Demikian Manager Marketing Kredit PT Bank Century Cabang Makassar, Tan Ronaldo kepada Bisnis, kemarin.

Menurut Ronaldo, kepercayaan masyarakat terhadap Bank Century masih cukup tinggi. Hal tersebut dilihat dari jumlah nasabah yang kembali melakukan transaksi setelah pengambilalihan oleh pemerintah melalui lembaga penjamin simpanan (LPS).

“Pasca gagal kliring yang terjadi minggu lalu hingga pengambilalihan oleh pemerintah melalui LPS tidak memengaruhi proses transaksi, karena nasabah tetap menyetor sampai Rp200 juta,” kata Ronaldo. Ronaldo menambahkan, untuk dana pihak ketiga (DPK) yang ditarik oleh nasabah dalam seminggu ini hanya sebesar 3%.

“Dari hasil yang telah dihimpun, sebanyak 3% nilai DPK yang lolos dalam seminggu ini. Jumlah itu tidak sepenuhnya dampak dari gagal kliring. Bahkan kami prediksi, nasabah yang panik akibat gagal kliring hanya 1%,” ujarnya. Berdasarkan data yang diperoleh, DPK Bank Century secara nasional mencapai Rp14 triliun yang didominasi deposito sebesar 60% dan sisanya berupa tabungan dan giro. Sedangkan data kredit secara nasional sebesar Rp4,9 triliun.