Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, November 25, 2008

Pelindo IV antisipasi kenaikan peti kemas

Laporan Kwan Men Yon

MAKASSAR: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV mengantisipasi kenaikan volume peti kemas di wilayah timur Indonesia dengan memacu pengembangan pelabuhan kelolaan. Dalam kaitan itu, perseroan menargetkan proyek pembangunan terminal peti kemas (TPK) di Samarinda dan Balikpapan dapat rampung sesuai tenggat.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha Pelindo IV Max K. Lumempouw mengatakan terminal peti kemas (TPK) Palaran Samarinda diharapkan rampung selambatnya akhir 2009. Sedangkan TPK Kariangau Balikpapan yang tengah dalam persiapan konstruksi ditargetkan selesai 2010.

Pelindo IV, kata dia, menaruh perhatian serius terhadap pelabuhan kelolaan yang mencatat volume peti kemas di atas 30.000 Teus per tahun.Dua pelabuhan, yakni Balikpapan dan Samarinda, selama ini termasuk lima besar di KTI dari sisi volume. 
BUMN kepelabuhan yang beroperasi di KTI tersebut memproyeksikan arus peti kemas akan meningkat rata-rata 10% setiap tahun.

"Pelabuhan peti kemas Palaran direncanakan selesai pada akhir 2009. Untuk Balikpapan sedang persiapan konstruksi TPK Kariangau yang rencana selesai 2010,” kata Max, kemarin.
Berdasarkan catatan Bisnis, volume peti kemas di Samarinda pada 2007 mencapai 145.550 Teus, naik 8,5% dari 2006. Selama Januari-September 2008, volume peti kemas meningkat 8,2% dibanding periode sama tahun lalu.

Sementara itu, volume peti kemas di Balikpapan tahun lalu menyentuh 78.800 Teus atau tumbuh 18% dibanding 2006. Sepanjang tahun ini volume peti kemas Balikpapan agak melambat kendati tetap naik 7,6%.