Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, November 12, 2009

Apindo protes upah minimum ke gubernur

MAKASSAR: Asosiasi Pe­­ng­usaha Indonesia (Apindo) Sulsel hari ini akan mengirim surat protes resmi kepada Gubernur Syahrul Yasin Limpo terkait voting­ dewan pengupahan mengenai upah minimum provinsi 2010.Ketua Apindo Sulsel Latunreng mengatakan pihaknya tetap pada pendirian kenaikan UMP jangan lebih dari 5%, sedangkan serikat pekerja meminta 15%.

Dalam rapat terakhir akhir pekan lalu, dewan pengupahan melakukan voting penentuan UMP dengan opsi kenaikan 2%, 5%, 7%, 10%, dan 15%. Apindo yang protes memutuskan walk out.Dewan pengupahan terdiri atas perwakilan tripartit, masing-ma­sing lima utusan Apindo, lima wakil serikat pekerja, serta 10 orang pemerintah dan akademisi. Fraksi pemerintah dan akademisi mendorong kenaikan 7% dengan alasan nilai tengah.

“Rencananya besok kami sampaikan surat ke gubernur. Kalau voting yang dipakai, sedangkan wakil pemda dan akademisi 10 orang, untuk apa kita rapat?” kata Latunreng, kemarin.Dia menuturkan pihaknya khawatir voting dijadikan preseden di kemudian hari sehingga tak ada lagi keputusan bersama atas dasar pertimbangan matang.

Saat ini UMP Sulsel tercatat Rp905.000 setelah dalam pembahasan tahun lalu pemerintah secara mengejutkan mengusulkan kenaikan hingga 22,3% atau dua kali lipat tahun sebelumnya.