Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, November 11, 2009

Sulteng bidik swasembada daging­ 2014

PALU: Sulawesi Tengah menargetkan populasi ternak sapi mencapai 240.000 ekor untuk mengejar target swasembada daging pada 2014.
Kepala Bidang Budidaya Ternak Dinas Peternakan Sulteng Sahlan mengatakan pemerintah tinggal mengupayakan 40.000 ekor guna mewujudkan keinginan itu


“Populasi sapi di Sulteng saat ini sudah 203.000 ekor lebih dan diharapkan pada 2014 target swasembada daging bisa dicapai,” kata Sahlan, kemarin.Dia menuturkan populasi­ ternak tersebar di 11 kabupaten/kota dan terbanyak­ di Donggala. Menurut dia, ternak yang ada sekarang sudah mencakup seluruh ternak rakyat di Sulteng.

Menurutnya, permintaan daging di Sulteng masih jauh di bawah standar. Idealnya,­ konsumsi protein hewani sekitar 10 gram per kapita per hari dari sekarang baru empat gram. Setiap tahun, jelas dia, Sulteng menghabiskan sekitar 40.000 ekor sapi baik yang diantarpulaukan maupun diperdagangkan lokal.

“Daerah tujuan antarpulau sapi adalah kota-kota di Kalimantan yang setiap tahun berkisar 11.000 hingga 12.000 ekor, bahkan hingga Oktober 2009 jumlah sapi yang diantarpulaukan mencapai 8.000 ekor,” katanya.

Lokal
Menurut Sahlan, sapi yang dipotong untuk dijual di provinsi itu sekitar 26.000 ekor per tahun. “Dari populasi ternak tersebut, masih terdapat 2% yang mati karena serangan penyakit,” jelasnya.


Dia mengatakan untuk swasembada, pe­merintah akan menempuh berbagai upaya, a.l. menambah bibit sapi betina produktif serta mengurangi kematian ternak dengan meningkatkan pemeliharaan kesehatan. Adapula program bantuan langsung yang di­salurkan melalui lembaga mandiri, seperti pesantren, panti asuhan,­ dan gereja.

Upaya lain adalah bantuan langsung ke sarjana membangun desa (SMD). Pada 2008, enam SMD mendapat bantuan, yakni di Donggala, Tolitoli, Parigi Moutong, Morowali, dan Banggai.