Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, Agustus 24, 2009

58% Jalan provinsi di Sultra rusak berat

KENDARI: Sepanjang 694 kilometer jalan­ provinsi di Sulawesi Tenggara rusak berat akibat kendaraan yang melintas melebihi kapasitas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dody P Djalante mengatakan beban kendaraan­ kerap mencapai dua kali lipat kapasitas badan jalan. “Kondisi jalan provinsi memang sangat memprihatinkan. Kendaraan terkadang membawa beban hingga 20 ton, sedangkan kapasitas jalan hanya delapan sampai 10 ton,” ujar Dody di Kendari­, pekan lalu.

Menurutnya, perbaikan jalan telah dianggarkan dari APBD Provinsi Sultra tahun 2009 sebesar Rp110 miliar. Namun, anggaran tersebut hanya cukup untuk membiayai jalan sepanjang 52 km.

“Perbaikan jalan ini membutuhkan dana besar, kami sudah anggarkan dari APBD Rp110 miliar. Itu pun hanya cukup­ untuk perbaikan 52 km terbagi di beberapa­ kabupaten seperti Buton Utara dan Buton,” jelasnya.

Untuk membantu mengatasi situasi itu, Dody berharap Dinas Perhubungan Sultra­ segera membangun jembatan timbang­ untuk mengontrol beban kendaraan yang melewati jalan.

Sekretaris Dinas Perhubungan Sultra Ratna Ningsih mengatakan pihaknya telah mengusulkan anggaran pembangunan­ jembatan timbang di sejumlah titik yang menghubungkan beberapa kabupaten. Namun, yang disetujui baru dua, yaitu di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan dan Kecamatan Abeli Kabupaten Konawe.

Sejauh ini, Sultra hanya memiliki satu jembatan timbang di Kolaka sebagai pintu masuk kendaraan dari Sulawesi Selatan. Namun, jembatan tersebut tidak berfungsi optimal dan sering dilewati kendaraan bermuatan di atas 20 ton.