Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Agustus 12, 2009

Distribusi elpiji segera pakai kartu kendali

MAKASSAR: PT Pertamina (Persero) tahun ini berencana mendistribusikan elpiji bersubsidi ukuran­ tiga kg secara tertutup dengan mengguna­kan kartu kendali agar tepat sasaran.
Sales Representative Gas Domestik Pertamina Region V Tiara Thesaufi mengatakan proses distribusi elpiji tiga kg itu tidak jauh berbeda dengan minyak tanah bersubsidi.


“Program ini rencananya­ akan bergulir­ tahun 2009, namun teknisnya masih menunggu­ instruksi Departemen ESDM untuk diujicobakan selama tiga bulan,” katanya di Makassar, kemarin.Tiara mengatakan distribusi tertutup ini untuk menghindari penyalahgunaan elpiji oleh industri dan warga berpenghasilan tinggi.

Dijelaskan, program konversi minyak tanah ke elpiji merupakan upaya pemerintah menghemat energi. Untuk itu, masyarakat yang berhak menerima elpiji adalah yang berpenghasilan di bawah Rp1,5 juta per bulan.

Di Sulsel, rencananya elpiji tiga kg disalurkan bagi 1,17 juta kepala keluarga. Hingga akhir Juli lalu, realisasi penyaluran sudah 75% di 15 kabupaten/kota. Diperkirakan akhir tahun ini distribusi tersebut tercapai 100% dan dilanjutkan ke kabupaten/kota lainnya.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral­ Sampara Salman mengatakan jelang Ramadan program konversi minyak­ tanah ke elpiji harus dilakukan lebih bijak.Menurutnya, sampai akhir tahun ini minyak tanah sebaiknya tetap tersedia sebab masyarakat masih membutuhkan.

Dia menilai salah satu kendala pemakaian elpiji adalah warga harus membeli sesuai ukuran tabung. Berbeda dengan minyak tanah yang bisa dibeli sesuai kebutuhan dengan wadah sendiri.“Minyak tanah bisa diperoleh per liter dan kurang membebani,” ujarnya.