Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Agustus 14, 2009

Pembiayaan Bank Sulsel Syariah­ Rp68 miliar

MAKASSAR: Bank Sulsel Syariah mencatat total pembiayaan pada triwulan I 2009 sebesar Rp68 miliar atau tumbuh sekitar 120% dibanding triwulan I 2008 Rp31 miliar.Pemimpin Cabang Bank Sulsel Syariah Iswadi Ayub mengatakan pertumbuhan itu ditopang kerja sama linkage program ke sektor pertanian dan perkebunan.

Lembaga yang berfungsi mencegah­ hingga menghukum praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat ini biasanya menerima laporan dari anggota masyarakat yang mengetahui atau pelaku usaha yang terlibat dalam transaksi. Kepala KPPU Balikpapan Anang Triyono mengungkapkan lebih dari 80% laporan dan bakal perkara yang masuk terkait tender proyek pembangunan yang diselenggarakan pemerintah kabupaten dan kota di Kalimantan.

Menurutnya, pembia­yaan ke sektor agroindustri mencakup a.l. komoditi kakao, sutra, jagung, dan rumput laut. Nasabahnya tersebar di Sulsel dan Sulbar. Sepanjang 2008-2009, tutur dia, besaran pinjaman modal kerja rata-rata di bawah Rp50 juta dan kredit menengah Rp100 juta–Rp500 juta.Penyaluran tersebut melalui tiga kantor cabang di Makassar, Maros, dan Sengkang yang bekerja sama dengan sekitar 30 lembaga mikro, terdiri dari koperasi, BMD, BPR, dan BPRS.

“Bank Sulsel Syariah mengutamakan kerja sama linkage program yang lebih memahami­ karakteristik dan kebutuhan­ pelaku usaha mikro di daerah,” ucap Iswadi.Penyaluran modal ker-ja­­­ di tiga kacab tersebut­ rerata Rp1 miliar–Rp1,5 miliar per bulan. Sejauh ini, katanya,­ rasio pembiayaan bermasalah (FDR) relatif terjaga di level 0,5%.

Dia mengungkapkan untuk memperluas la­yanan, pihaknya juga membuka loket online di seluruh kantor cabang Bank Sulsel konvensio­nal di Sulsel dan Sulbar.Total aset Bank Sulsel Syariah per Maret 2009 sebesar Rp130 miliar, sedangkan dana pihak ketiga Rp30 miliar.

Iswadi menambahkan pihaknya berencana membuka tiga kacab baru di Kabupaten Bone, Palopo, dan Bulukumba­ yang diperkirakan berope­rasi sebelum akhir­ tahun 2009.