Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Agustus 06, 2009

Gubernur janji percepat Sutet

KENDARI: Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam berjanji mempercepat pengajuan rekomendasi pinjam pakai hutan untuk­ pembangunan tapak transmisi saluran udara tegangan­ tinggi (Sutet­) PLTU Ni’i Tanasa.Rekomendasi pinjam pakai taman hutan rakyat (Tahura) Nipanipa Kota Kendari dari Menteri Kehutanan merupakan syarat yang harus dipenuhi sebelum pembangunan tapak transmisi tersebut.

“Pemprov mengawal pengajuan rekomendasi hingga disetujui sebab hal ini penting mengingat­ PLTU akan menyuplai listrik 2x10 MW ke sistem Kendari. Mudah-mudahan izin pinjam pakai Tahura Nipanipa secepatnya disetujui,” jelas Gubernur, kemarin.

Dia juga menjamin pembangunan tapak itu tidak akan merusak kondisi hutan sebab ukuran tapak cukup kecil dan berada di pinggir hutan konservasi.

Anggaran
Sebelumnya, General Manager PT PLN Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara­ (Sultanbatara) Haryanto WS mengatakan anggaran pembangunan transmisi Sutet 70 KV sepanjang 12 km yang melalui Tahura Nipanipa telah disetujui sebesar Rp38 miliar.

Jumlah itu telah dicairkan, namun pembangunan transmisi terkendala izin pinjam pakai hutan dari Menteri Kehutanan.Haryanto meminta Pemerintah Provinsi Sultra­ dalam waktu dekat mengajukan rekomendasi pinjam pakai hutan agar proyek transmisi dapat segera dimulai.

“PLN juga menyiapkan­ rencana darurat jika rekomendasi­ pinjam pa­kai­ hutan tersebut ditolak. PLN akan membangun transmisi­ 20 KV mengikuti­ jalan­ raya sepanjang 16 km,” papar Haryanto.