Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, Agustus 24, 2009

Bank Sulsel janji pacu kredit produktif

KENDARI: MAKASSAR: Direksi baru PT Bank Sulsel berjanji memenuhi tuntutan pemegang saham untuk memacu kredit produktif agar lebih berdampak bagi sektor riil.

Direktur Utama Bank Sulsel Elong Tjandra mengatakan fokus pihaknya adalah kredit produktif ke segmen mikro dan kecil. Dia mengakui bank yang sahamnya dimiliki pemda se-Sulsel dan Sulbar itu selama ini terlalu banyak memberi kredit konsumtif.

Hingga Juli 2009, rasio kredit produktif baru sekitar 24% total pinjaman, selebihnya konsumtif. Elong menegaskan angka itu akan dikerek ke level 35% dalam periode direksi baru.

“Fokus kita adalah kredit kecil, selama ini perbankan seperti melupakan sektor­ itu,” katanya dalam peneguhan­ direksi oleh Gubernur Sulsel mewakili pemegang saham di Makassar,­ Jumat pekan lalu.

Elong mengatakan direksi­ juga bakal mencari­ opsi sumber likuiditas baru sekaligus mengurangi ketergantungan­ kepada simpanan pemerintah.

Gubernur Syahrul Yasin Limpo menuturkan BPD tersebut harus menjadi mitra pemerintah daerah dalam pembangunan untuk kesejahteraan rakyat.

“Jika BPD mendukung langkah­ pemerintah,­ bukan­ tak­ mungkin pertumbuhan­ ekonomi Sulsel­ makin baik,” katanya.


Akhir tahun lalu, outstanding kredit Bank Sulsel­ sekitar Rp3,3 triliun atau naik 32% dari 2007.Penempatan­ pada Bank Indonesia maupun giro di bank lain menurun.

Penempatan di BI dalam bentuk giro dan lainnya dipangkas dari Rp889 miliar­ menjadi Rp186 miliar. Penempatan­ di bank lain naik 35% ke Rp735 miliar.

Dana pihak ketiga berupa giro, tabungan,­ dan deposito tahun lalu merosot dari Rp3,03 triliun menjadi Rp2,74 triliun.