Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Agustus 28, 2009

Klaster komoditas Sultra dipetakan

KENDARI: Setelah sejumlah investor batal melakukan investasi di Sulawesi Tenggara, pemerintah provinsi mulai menelurkan ide baru untuk menarik investasi. Salah satu upaya adalah memetakan wilayah komoditas­ unggulan lewat program Bahteramas­ (Bangun Kesejahteraan Masyarakat).

Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Sultra Sukamto Toding mengatakan pemetaan komoditas bertujuan memperjelas data potensi dan produksi, seperti rumput laut, kakao,­ padi, ikan, dan sapi lokal.“Kami sudah menentukan wila-yah komoditas unggulan seperti rumput laut di Kabupaten Buton, kakao di Kolaka dan Kolaka Utara, padi di Konawe Utara dan Konawe Selatan, industri pengolahan ikan di Kendari dan Bau-bau, serta sapi lokal di Muna,” ujarnya, kemarin.

Sukamto mengatakan selama ini investasi komoditas unggulan masih­ minim disebabkan belum ada peta potensi yang dapat dijual kepada investor khususnya industri­ pengolahan. Selain itu, produksi yang terbatas juga menghambat minat investasi.“Selama ini produksi komoditas­ kitakan masih spot, belum terpadu sehingga potensi dan jumlah produksi itu sulit kita dapatkan,” tukasnya.

Petani di Sultra umumnya ingin menanam semua komoditas sehingga sulit fokus meningkatkan produksi. Dengan pemetaan klaster komoditas, diharapkan pemprov lebih mudah menjual potensi.Saat ini, konsep pelaksanaan pemetaan komoditas masih­ digodok­ tim teknis, namun diupayakan­ realisasinya­ tahun ini. Setelah jadi, pemprov akan mengajukan ke DPRD untuk disahkan.

“Kami harapkan penggodokan pedoman pelaksanaan bisa selesai sebelum pelantikan anggota DPRD baru Oktober mendatang.”