Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Agustus 11, 2009

Ekonomi Sulut bergerak naik

ManadoPerekonomian Sulawesi Utara pada triwulan II 2009 tumbuh 11,09% dibanding triwulan I. Jika dibandingkan dengan triwulan sama tahun 2008 (y-o-y), pertumbuhan sebesar 8,3%.Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut merilis data tersebut di Manado, kemarin. Kepala BPS Jasa Bangun mengatakan secara kumulatif ekonomi Sulut semester I 2009 dibanding­ semester sama tahun 2008 tumbuh 7,9%.

Jasa mengatakan sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi selama triwulan II adalah listrik, gas dan air bersih dengan pertumbuhan 18,6%.Berikutnya menyusul­ sektor perdagangan,­ hotel, dan restoran sebesar 15,4%, serta pengangkutan­ dan komunikasi mencapai 14,5%.

Sementara jika dibandingkan­ dengan triwulan I, sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah pengangkutan dan komunikasi 18,6%, perdagangan, hotel, dan restoran 17,8%, serta pertanian 14%. Sumber pertumbuhan tertinggi triwulan II adalah sektor pedagangan, hotel, dan restoran dengan share sebesar 2,28%.

Tercatat hampir semua komponen triwulan II tumbuh baik dibanding­ triwulan sebelumnya maupun triwulan II 2008.Ekonom Universitas Sam Ratulangi Manado Vecky Rumate memerkirakan akan terjadi kenaikan­ volume­ usaha di sektor tertentu sekitar 50% selama Agustus ini karena adanya­ event Sail Bunaken. Peningkatan, kata dia, terutama pada sektor perdagangan, hotel, restoran, dan transportasi.

“Alasannya, para tamu akan mengonsumsi semua sektor yang disebutkan tadi,” kata Rumate.­Namun, Rumate ber­asumsi setelah kenaikan mencapai puncak maka akan ada penurunan. Setelah itu, pertumbuhan ekonomi akan merangkak naik lagi. “Itu sudah jadi teori ekonomi,” katanya. Dia menambahkan jika infrastruktur belum memadai maka pertumbuhan ekonomi akan sulit naik signifikan.