Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Agustus 12, 2009

BI kritik perilaku dana pemprov

KENDARI: Pemprov Sulawesi Tenggara dan 12 kabupaten/kota di provinsi ini baru menyalur­kan dana besar-besaran pada akhir tahun. Praktik ini menuai kritik pihak Bank Indonesia Kendari.Pemimpin Kantor BI Kendari Lawang M. Siagian dalam pemaparan tinjauan dan proyeksi perekonomian Sultra triwulan II kemarin, mengatakan dana pemda berupa anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang disimpan di perbankan biasanya baru mengucur jelang akhir tahun.

“Dari data yang kami peroleh, DPK (dana pihak ketiga) pemerintah hanya tersalur besar-besaran nanti Desember. Sepanjang 11 bulan, dana hanya nongkrong di bank,” kata Lawang.Seharusnya, menurut dia, dari Januari hingga Desember penyaluran anggaran itu konsisten.

“Jika kita buatkan grafik, itu sangat jelas pada Desember garisnya langsung menukik turun yang menggambarkan dana digelontorkan besar-besaran,” tambahnya.Dia khawatir alokasi keuangan seperti itu membuat pemda hanya bekerja dari sisi administratif dan mengabaikan sisi realisasi penggunaan anggaran.

Lawang menyebutkan pihak perbankan termasuk BI sendiri merasakan dampaknya karena terpaksa­ ikut lembur menyelesaikan laporan masuk dari anggaran pemerintah. Dia mengungkapkan data dan grafik tahun 2006 hingga triwulan II 2009 menunjukkan dana baru tersalur secara massif pada Desember. Dana pemerintah tersebut cukup besar hingga Rp1 triliun.Kalau dana sebesar ini bisa konstan disalurkan ke masyarakat, manfaatnya­ jauh lebih besar.