Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Mei 29, 2009

Bandara Sepinggan buka info penerbangan via SMS

BALIKPAPAN: PT Angkasa Pura I Bandara Sepinggan Balikpapan, Kaltim, meluncurkan layanan informasi penerbangan komersial dari dan ke Balikpapan mulai Kamis, 29 Mei 2009. Layanan SMS (short message service) Flight Info ini berisi informasi jadwal penerbangan maskapai.Bandara Sepinggan menggandeng PT Telkom dalam program itu.

“Layanan ini merupakan pertama di seluruh bandara di Indonesia,” kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Sepinggan Johni T. Pollopana, kemarin. Jumlah penumpang pesawat per hari yang terbilang tinggi di Sepinggan menjadi pertimbangan dibukanya layanan tersebut.

Tim IT Angkasa Pura I menciptakan layanan SMS setelah melakukan uji coba selama dua bulan. Dengan layanan ini, warga yang membutuhkan informasi penerbangan dapat mengirim SMS ke nomor 0542-5680000.

Tarif SMS, kata Johni, sama dengan tarif umum. “Sementara masih Rp75. Nanti kalau dilihat perkembangan baru dibicarakan Telkom,” kata Johni.

Menurut Johni, rencana-nya 2 Juni mendatang tim IT AP I akan melakukan ekspose di hadapan Menteri Perhubungan di Makassar, mengenai SMS Flight Info.

Manajer Teknik Elektronika dan Listrik AP I Rahman Syafrie mengatakan pengguna jasa penerbangan antusias memanfaatkan layanan berbasis SMS tersebut.

Sejak diluncurkan, tak kurang dari 10 keluhan masuk ke CHS atau sedikitnya 80 keluhan masuk dalam satu bulan. Syafrie menambahkan walaupun keluhan terbilang tinggi, namun hampir semua justru dialamatkan ke maskapai. “Sebenarnya CHS itu untuk keluhan atas ruang dan fasilitas yang disediakan AP I. Tapi yang masuk justru banyak keluhan atas layanan airline,” kata Syafrie.