Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, Mei 18, 2009

Jumlah investor saham di Makassar melonjak

MAKASSAR: Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) mencatat jumlah investor saham di Makassar bertambah signifikan dalam dua bulan terakhir seiring harapan pemodal memperoleh keuntungan dari murahnya harga. Kuasa Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk PIPM Makassar Yessie Marisa mengatakan pihaknya masih menunggu jumlah pasti penambahan investor baru dari empat perusahaan sekuritas di kota.

Mereka adalah PT Trimegah Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas, dan PT Bhakti Sekuritas. Satu lagi, yakni PT Sinarmas Sekuritas, hanya melayani transaksi reksadana. “Yang jelas jumlah investor baru cukup banyak. Mereka ini mengerti bahwa harga saham khususnya berfundamental bagus sudah sangat murah setelah koreksi dalam akibat krisis,” tutur Yessie, pekan lalu.

Akhir tahun lalu, kata Yessie, jumlah investor saham aktif di Makassar masih di bawah 1.000 orang. Saat ini, pihaknya memperkirakan jumlahnya telah mencapai 1.000 orang. Dia mengatakan penambahan pemodal juga dipicu upaya sekuritas menjaring mereka. PT Indo Premier Sekuritas bahkan menurunkan modal minimal investor baru dari Rp10 juta menjadi Rp5 juta.

Yessie mengungkapkan penawaran transaksi online (online trading) sendiri tanpa perantaraan broker seperti yang ditawarkan Indo Premier merupakan alasan lain yang mendongkrak jumlah pemain saham.

“Bagi sekuritas, yang penting calon investor tertarik dulu, menilai situasi dengan modal kecil. Kalau mereka mau lanjut, lama-lama juga menjadi loyal,” urainya. Yessie menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan kembali menggencarkan sosialisasi investasi saham di Makassar dan beberapa kota sekitarnya.

Menyusultanda kebangkitan bursa global, transaksi saham di Makassar ikut bergeliat. Pada April lalu, nominal perdagangan saham hampir menyentuh Rp500 miliar setelah beberapa bulan sebelumnya selalu terkapar di level Rp100-an miliar per bulan.

Total transaksi saham di kota itu pada April tercatat sebesar Rp489,41 miliar. Ini adalah level tertinggi baru sepanjang sejarah pasar modal di Makassar, jauh melampaui rekor sebelumnya pada Mei 2008 sebesar Rp395 miliar.

Transaksi pada April sekaligus membukukan pertumbuhan 259% dibandingkan dengan bulan Maret Rp136,44 miliar.