Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, Mei 18, 2009

Pelindo IV naikkan target laba 20%

MAKASSAR: PT Pela-buhan Indonesia IV (Persero) mengoreksi target laba tahun ini setelah perkembangan triwulan I menunjukkan pendapatan operasional mampu meningkat di luar prediksi. Direktur Utama Pelindo IV Alfred Natsir mengatakan pendapatan operasional triwulan I 2009 melampaui periode sama tahun lalu.

Meski mengaku tidak hafal persis berapa kenaikan, menurutnya target laba sangat mungkin dikerek 10%-20% dibanding realisasi 2008. Tahun lalu Pelindo IV membukukan laba sebelum pajak Rp202 miliar, jauh melampaui target Rp170 miliar. Laba 2008 juga tumbuh sekitar 34% dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp151 miliar.

“Tahun ini kami menargetkan laba di bawah realisasi 2008 sebesar Rp178 miliar karena perkiraan kami, ada efek krisis finansial global,” kata Alfred di sela-sela serah terima jabatan dari dirut lama Djarwo Surjanto di Makassar, akhir pekan lalu.

Alfred menjelaskan perkiraan dampak krisis ternyata tidak terbukti. Dia mengaku cukup terkejut bahwa pihaknya malah mampu mencetak pendapatan di atas triwulan I 2008.

“Setelah kami amati, krisis finansial ternyata tidak terlalu berpengaruh di KTI (kawasan timur Indonesia). Logikanya, kalau triwulan I saja di atas periode tahun lalu, harusnya satu tahun ini kami bisa lebih baik,” tukasnya.

Mantan Direktur Operasi Pelindo IV itu mengemukakan program intensifikasi kegiatan kepelabuhanan terus digenjot. Di samping itu, kata dia, BUMN ini berupaya memacu efisiensi biaya produksi.

Dia menyebut secara tren, pendapatan semester I biasanya menyumbangkan 46%-47% kinerja tahun berjalan. Selebihnya, sekitar 53%-54% adalah kontribusi semester II di mana berlangsung momen Lebaran, Natal, dan akhir tahun.

Mayoritas barang kiriman baik kargo maupun peti kemas di KTI berupa barang konsumsi. Itu sebabnya semester II umumnya lebih menggeliat,” tutur Alfred.

Percepatan

Pada kesempatan itu, Alfred mengatakan direksi baru Pelindo IV akan mengupayakan percepatan pencapaian target sebagaimana telah disusun baru-baru ini, baik sasaran 2009 maupun proyeksi beberapa tahun mendatang.

Dia mengemukakan pemegang saham Pelindo, dalam hal ini, Kementerian Negara BUMN telah meminta pihaknya melaksanakan program yang sudah dirancang namun secara lebih cepat. “Kami juga ingin begitu dong. Direksi baru ini tinggal mengerjakan rencana program. Tetapi kami ingin bisa lebih baik dari yang lalu, makanya semua harus lebih cepat,” tandasnya.

Alfred menuturkan direksi sebelumnya telah merampungkan sejumlah pekerjaan penting yang sangat menentukan masa depan Pelindo, a.l. penyelesaian piutang, kenaikan remunerasi pegawai, hingga perbaikan struktur.

Dia juga menjanjikan pihaknya akan terus mencari cara untuk menyempurnakan pelayanan bagi pengguna jasa. Meski BUMN ini mengejar laba, kata dia, faktor pelayanan tidak akan diabaikan.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Pelindo IV Max K. Lumempouw mengatakan direksi baru tetap fokus melaksanakan rencana program direksi lama, seperti peningkatan alat produksi di sejumlah pelabuhan utama.

Selain itu, pembangunan Terminal Peti Kemas Kariangau, Balikpapan serta Pelabuhan Palaran, Samarinda, keduanya di Kalimantan Timur.
Komposisi direksi baru Pelindo IV kini diisi Dirut Alfred Natsir, Direktur Operasi & Teknik Imran Iskandar, Direktur Personalia Wasis Subiyanto, Direktur Komersial & Pengembangan Usaha Max Lumempouw, dan Direktur Keuangan Sumardiyo.