Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Januari 13, 2009

Ekonomi Sulsel 2009 ditargetkan tumbuh 7%

MAKASSAR: Pemerintah Sulsel berharap ekonomi bisa tumbuh 6%-7% tahun ini, dengan mengoptimal­kan belanja pemerintah ser­­ta menjaga daya beli ma­­­syarakat.Gubernur Syahrul Yasin Limpo mengatakan mengupaya­kan­­ pem­­bahasan rancangan ang­­ga­­ran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2009 selesai se­­­lambatnya Februari agar stimulus pe­­­r­e­­konomian dari konsumsi pemerintah dapat mulai mengucur April.

Dia mengatakan RAPBD 2009 menghadapi persoal­an benturan dengan pera­turan pemerintah (PP) No.41 tahun 2007 tentang Organisasi Pe­­­rangkat Daerah yang mengharus­kan perampingan struktur lembaga/dinas dae­­­rah.

“Saat ini kami sedang me­­­nyelesaikannya. Ha-ra­­p­­­an saya secepatnya RAPBD bisa rampung su­­­paya ada stimulus untuk membantu menggerakkan ekonomi,” kata Syahrul, pekan lalu.
Gubernur mengatakan pem­­­prov ingin pertumbuh­an eko­­nomi 2009 menyen­tuh 7% agar program pen­­ciptaan la­­­pa­­ngan kerja dan pengentasan kemiskinan­ dapat tercapai le­­­bih cepat. Setidaknya, menu­rut Gu­­ber­nur, pertumbuhan eko­­­­­­­nomi dapat mencegah mun­­­­­­­­­­culnya pengangguran ba­­­ru­­­­ di tengah ancaman krisis global.

“Saya ingin ekonomi Sulsel tumbuh 6%-7%. Itu akan cu­­­­­­­­­­­­kup baik untuk mengge­rak­­­­­­­­­­­kan semuanya, apalagi da­­­lam­­­­­­ kondisi krisis sekarang,” ujarnya.Pemerintah, lanjut­ Syah­­­rul, akan fokus me­­­wu­jud­kan se­­­jumlah target khususnya di bi­­­dang peningkatan pro­­duk­si komo­ditas unggulan di sektor perta­nian dan perkebunan, se­­­perti beras, jagung, sapi, kakao, dan lainnya.

Menurutnya, hanya de­­­ngan mencapai peningka­t­an pro­­duk­si, rak­­­­­yat Sulsel yang sekitar­ 51% (data BPS per Agustus 2008) bekerja di sektor per­­­tanian dapat menikmati­ ke­­­naikan pendapatan.“Dengan begitu pula ka­­­mi berharap daya be­­­li­­­­ masyarakat terjaga yang dampaknya nanti ke­­ in­­­dus­­tri atau sektor eko­­nomi lain,” paparnya. Sampai kuartal III/2008, ekonomi Sulsel tercatat tumbuh 8,48% (y-t-d). Laju PDRB tahunan mencapai 7,18%.