Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, Januari 12, 2009

Kaltim optimalkan agribisnis

Laporan Balikpapan

SAMARINDA: Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyatakan pihaknya optimis dengan mengembangkan sektor agribisnis akan mampu menghadapi krisis global, mengingat sektor ini akan banyak menyerap tenaga kerja sehingga bisa menampung tenaga kerja dalam jumlah besar.“Sektor agribinsi masih memiliki peluang pasar cukup potensial, selain itu banyak menyerap tenaga kerja sehingga bisa mengatasi masalah pengangguran,” kata Awang di Samarinda, akhir pekan lalu.

Awang mengaku cukup prihatin dengan kondisi perekonomian sekarang yang lagi terpuruk terkena dampak krisis global sehingga butuh dukungan pemegang kebijakan dalam mengatasinya. Untuk itu Awang mengajak seluruh kepala daerah di Kaltim untuk bersama-sama mengembangkan potensi daerah dalam mendorong perekonomian di setiap kabupaten/kota.

Salah satu sektor yang masih prospektif dalam kondisi sekarang adalah agribisnis, yakni kehutanan dan pertanian serta revitalisasi sektor perikanan. Pengembangan sektor kehutanan, kata dia, tidak mungkin lagi melakukan ekploitasi sumber daya hutan/kayu karena kondisi hutan kian kritis namun bisa memanfaatkan lahan-lahan terlantar menjadi hutan tanaman industri atau perkebunan.

Sedangkan pada sektor pertanian masih terbuka karena kebutuhan pangan tetap tinggi baik pada masa krisis maupun normal.Awang juga menilai bahwa untuk mengatasi krisis ekonomi dengan mengembangkan sektor pertanian perlu dukungan pihak DPRD, khususnya menyediakan anggaran yang lebih proporsional untuk sektor agribisnis ini.