Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Januari 02, 2009

Kima gagal capai target laba Rp20 miliar

Laporan Kwan Men Yon

MAKASSAR: PT Kawasan Industri Makassar (Persero) membukukan perolehan laba sebelum pajak 2008 yang melampaui tahun 2007. Meski demikian, perseroan diperkirakan gagal mencapai target Rp20 miliar.

Pada 2007, Kima menorehkan laba sebelum pajak sebesar Rp17 miliar, atau naik cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya Rp10,9 miliar. Dengan laba yang diraup pada 2008, berarti BUMN kawasan industri tersebut untuk ketiga kalinya berturut­-turut menikmati keuntungan setelah di 2005 menderita kerugian.

Direktur Utama Kima Bachder Djohan mengatakan pihaknya hampir dipastikan gagal menyentuh sasaran laba 2008 Rp20 miliar, namun masih mampu membukukan di atas keuntungan 2007.

“Angka pastinya baru bisa kami sampaikan seusai RUPS pada 6 Januari mendatang. Tetapi tahun ini hanya nyaris Rp20 miliar,” katanya kepada Bisnis, kemarin.

Bachder mengungkapkan kegagalan Kima mencapai target disebabkan minimnya investor baru yang membeli atau menyewa kawasan industri itu. Hal ini, katanya, dipicu oleh tiga faktor.Pertama, ketidakpastian suplai listrik yang menghantui wilayah Makassar karena defisit daya dari PLN.

Kedua, kenaikan harga BBM yang meningkatkan ongkos industri.“Ketiga, iklim suksesi gubernur Sulsel yang sempat membuat investor wait and see. Tiga itu menghambat upaya mencari investor baru,” papar Bachder.

Di sisi lain, perseroan belum mampu mewujudkan rencana bisnis container yard yang semula diharapkan membantu memacu pendapatan. Kima baru menandatangani nota kesepahaman kerja sama pengelolaan lapangan kontainer seluas tiga hektare dengan PT Makassar Terminal Services pada 11 Desember 2008. Diperkirakan, bisnis kontainer baru akan terlaksana Maret 2009.