Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Januari 13, 2009

PLN enggan janji tak ada pemadaman

MAKASSAR: PT PLN (Per­­sero) menilai daya mampu listrik di Sulawesi Selatan dan Barat tahun ini cukup memadai untuk menghindari berulangnya­ krisis energi be­­rupa pe­­­ma­­daman bergilir.

Meski demikian, PLN enggan menjanjikan ta­­hun ini tidak ada pe­­madaman bergi­­lir. Pasalnya, daya mampu saat ini baru sebatas mencukupi kebutuhan listrik. General Manager PLN Sul­­selrabar Arifuddin Nurdin me­­­ngatakan krisis listrik yang masih berlanjut hingga 2008 disebabkan minim­nya produksi listrik baru di wilayah itu.

Padahal, katanya, hampir se­­­mua pembangkit la­­­ma PLN su­­­dah tergolong uzur sehingga­ kerap meng­alami gangguan tek­­­nis. Akibat usia yang sudah melewati masa su­­­bur, produksi pembangkit juga terus menurun. “Kami tidak berani janji tahun ini tidak ada lagi pemadaman. Tetapi kami bisa berjanji akan bekerja sebaik mungkin­­ untuk mencegah pe­­­­mada­m­­an. Artinya jangan­ sam­­pai sistem­ kehilangan­ da­­­ya,” tutur Ari­­fud­­din, ke­­­­­­ma­­­­­rin. Dia menjelaskan daya mampu kelistrikan Sul­­­selbar sebesar 500 MW atau kira-kira sama dengan beban puncak.

PLN baru-baru ini me­­­nerima pasokan dari PLTG Sengkang 60 MW. Tanpa produksi baru milik PT Energy Sengkang itu, BUMN kelistrikan ini menderita defisit daya dan terpaksa melaksanakan pemadaman bergilir.“Sekarang situasi kita bisa dibilang pas-pasan. PLN tidak perlu mema­damkan jika produksi listrik normal,” jelas Arifuddin.