Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Januari 06, 2009

‘Triwulan I hunian hotel lesu’


Laporan Kwan Men Yon

MAKASSAR: Per­him­pu­n­­an Hotel dan Restoran In­­donesia (PHRI) Makassar­ memerkirakan tingkat hu­­ni­an pada triwulan I 20­­09 akan anjlok hingga tersisa 30% seiring low sea­son kegi-a­t­an wisata dan belum turunnya anggaran pemerintah.Ketua PHRI Makassar­ Anggiat Sinaga mengata­kan penurunan hunian itu telah men­­jadi siklus tahunan sebab sampai kini be­­lum ada tindakan untuk mencegahnya.

Dia menjelaskan ting­kat okupansi bia­sanya ba­­ru mulai meningkat pa­­da April, sebelum kemba­­li nor­­mal di Juni. Kondisi itu, lanjutnya, membuat pe­­ngelola hotel dan res­toran harus pandai-pandai menawarkan prog­­­ram promosi yang menarik tamu.Menurutnya, Makassar terlalu bergan­tung pada akti­­­vi­tas MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) untuk mengatrol kunjungan sehingga selalu kesulitan pada triwulan I.

“MICE itu banyak dari acara seremonial pe­­­­merintah sedangkan ang­garan biasanya baru cai­r sekitar Mei,” pa­­­parnya, kemarin.Sektor hotel dan res­­toran menikmati pertumbuhan yang cukup baik pada 2008, sebagaimana tampak dari re­­­ra­­ta tingkat hu­­­­­nian dan realisasi 100% target penda­­patan asli daerah (PAD) sebesar Rp45,05 miliar. Saat ini jumlah kamar hotel berbintang dan me­lati di kota itu 4.235 unit.