Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Juni 18, 2009

Anggaran pertanian ditambah

MAKASSAR: Pemerintah Provinsi Sulsel menjanjikan anggaran belanja akan banyak difokuskan ke sektor pertanian sesuai dengan program peningkatan produksi yang telah dicanangkan.

Tahun ini pemerintah menargetkan surplus beras dua juta ton dan produksi jagung 1,5 juta ton. Ke depan, target surplus dan produksi produk pertanian akan terus dipacu. Gubernur Syahrul Yasin Limpo mengatakan pertanian bersentuhan langsung dengan ekonomi rakyat. Mayoritas penduduk be-kerja di sektor ini.

Di Sulsel terdapat lahan pertanian 1,5 juta hektare dengan jutaan warga yang bergantung. Menurut Syahrul, peningkatan produksi juga harus diiringi dengan penambahan alat pertanian. Pemerintah, kata dia, akan terlibat lebih aktif menyediakan alat pertanian tersebut.

“Tak ada gunanya memiliki lahan luas tapi tidak didukung peralatan pertanian,” kata Gubernur, kemarin. Dia mengatakan produktivitas lahan relatif rendah. Rerata produksi per ha di Sulsel hanya sekitar delapan ton gabah, padahal di Iran saja dapat menghasilkan 22 ton padi.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Lutfi Halide mengungkapkan produksi pertanian selalu terkendala peralatan.