Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Juni 16, 2009

Danamon incar posisi kredit Rp4 triliun di KTI

MAKASSAR: PT Bank Danamon Indonesia Tbk menargetkan posisi kredit di Sulawesi, Maluku, dan Papua pada akhir tahun ini mencapai Rp4 triliun.

Pemimpin Bank Danamon Wilayah IV Andrew Wongjaya mengatakan prospek penyaluran kredit di kawasan itu masih baik dan pihaknya akan tetap fokus pada sektor UMKM khususnya mikro.

Porsi kredit Danamon Simpan Pinjam (DSP) yang melayani segmen usaha mikro dan kecil mencapai 30% total kredit per April 2009. Andrew mengatakan perseroan berniat menaikkan porsi tersebut menjadi 35% dalam waktu dekat.

“Target tahunan kami sebenarnya sekitar Rp3,9 triliun, namun kami yakin bisa menembus Rp4 triliun. Sektor UMKM perdagangan masih sangat menjanjikan,” katanya, kemarin.

Dia mengatakan ada indikasi para pengusaha agak menahan pencairan plafon kredit. Dia berharap situasi ini akan membaik seiring pemulihan ekonomi. Pada April 2009, outstanding kredit Danamon sebesar Rp3,5 triliun, tumbuh 28% dibanding bulan sama tahun sebelumnya Rp2,7 triliun. Pertumbuhan terbesar di kredit mikro sebesar 52%.

“Sisanya di sektor UKM dan konsumsi. Kami memiliki keahlian di sektor tersebut dan tetap fokus.” Dia menyebutkan Bank Danamon kini mempunyai 127 kantor cabang terdiri atas 55 cabang konvensional dan 72 cabang DSP.

Sementara itu, posisi dana pihak ketiga perseroan pada April mencapai Rp4,8 triliun, tumbuh sekitar 20% dari periode serupa 2008.Andrew mengatakan rasio kredit terhadap dana masyarakat (loan to deposit ratio/LDR) sebesar 72%. Namun, khusus di Sulsel, LDR menyentuh 111%. “NPL (non performing loan) kami sekarang sekitar 1,8% atau di bawah batas aman,” katanya.