Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Juni 11, 2009

Citilink segera terbang ke Palu dan Kendari

MAKASSAR: MAKASSAR: Maskapai Citilink Garuda Indonesia dalam waktu dekat akan membuka penerbangan Makassar-Palu dan Ma-kassar-Kendari untuk menjawab permintaan pasar yang belum seimbang dengan penawaran.

Branch Manager Citi-link Ervina mengatakan pihaknya telah mengamati arus penumpang di dua rute tersebut. Hasilnya, kata dia, jalur ini dinilai gemuk dan layak diterbangi oleh maskapai bertarif murah (low fare) seperti Citilink.Dia menuturkan demand rute Makassar-Palu dan Makassar-Kendari sesungguhnya melampaui penawaran, dengan potensi belum tergali cukup besar. Ini tampak dari tingkat keterisian (load factor) yang selalu hampir mencapai 100%.

“Kami akan segera buka penerbangan ke Palu dan Kendari. Dua kota ini termasuk paling sesuai dengan konsep kami sebagai low fare airlines,” kata Ervina, kemarin. Seperti diketahui, Citi-link kembali mengangkasa pada 1 September 2008 setelah sempat setop operasi 15 Januari tahun yang sama.

Unit usaha strategis Garuda Indonesia ini melayani 16 rute domestik dari Surabaya dengan dua pesawat Boeing 737 seri 300 dan 400. Rute singgah Citilink saat ini meliputi Jakarta, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Kupang, dan Ampenan.

Total penumpang yang diangkut pada 2008 mencapai 154.000 orang, masing-masing September 34.000, Oktober 45.000, November 35.000, dan Desember 40.000.

Di samping ke kawasan timur, Citilink juga dikabarkan tengah menjajaki pembukaan jalur ke Bandung, Semarang, Yogyakarta, serta Makassar-Balikpapan dan Makassar-Gorontalo.

“Walaupun low fare, kami menawarkan kenyamanan, ketepatan waktu, dan tanpa kompromi soal keamanan. Kami sangat optimis bisa bersaing kalau masuk (ke Palu dan Kendari),” imbuh Ervina.

Dia menjelaskan saat ini penerbangan Surabaya-Makassar telah ditambah menjadi dua kali sehari terhitung awal April lalu. Dia mengklaim load factor rute tersebut cukup tinggi sehingga sangat mungkin ditambah lagi.Citilink menyasar segmen penumpang budgeting alias pasar menengah bawah. Maskapai ini menyiapkan paket promosi untuk pemesanan tiket jauh hari sebelumnya seharga mulai Rp99.000 sekali terbang.

Dalam perkembangan lain, Direktur Perusda Sulsel Haris Hody berharap penerbangan Garuda Indonesia dari Makassar ke Balikpapan tidak terlalu pagi, mengingat rute itu terhitung pendek, hanya satu jam perjalanan.

"Kalau sekarang terbang pukul 07.00 Wita, sebaiknya diundur hingga 09.00 Wita sehingga distribusi barang langsung ke Balikpapan juga bisa dilayani," kata Haris.