Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Juni 10, 2009

Smile Group cari kredit Rp60 miliar bangun hotel

MAKASSAR: Pemilik Smile Group, Idris Manggabarani, memastikan seluruh biaya pembangunan hotel berbintang di Jl. Mochtar Lutfi Makassar yang diperkirakan sebesar Rp50 miliar–Rp60 miliar akan menggunakan pinjaman bank.

Menurut Idris, hotel yang diproyeksikan menyandang bintang dua atau tiga itu akan mulai dibangun tahun ini dan diharapkan selesai selambatnya akhir tahun depan.

Idris mengemukakan pihaknya belum memutuskan meminjam dari bank mana. Meski demikian, kata dia, semua biaya investasi bakal memakai kredit investasi perbankan.

“Perkiraan kami biayanya sekitar Rp50 miliar–Rp60 miliar. Kalau tidak ada halangan, pasti kami bangun tahun ini,” kata Idris, kemarin.

Dia menyampaikan saat ini Smile tengah menyusun detail bangunan, termasuk kemungkinan jumlah lantai hotel. “Saya ingin minimal 15 lantai, tapi nanti kami lihat lagi kemungkinannya,” papar Idris.

Smile Group merupakan perusahaan milik keluarga Idris yang bergerak di bidang jasa-jasa. Smile tercatat mengelola sebuah restoran mewah serta sejumlah salon kendaraan bermotor di kota tersebut.

Idris Manggabarani sendiri dikenal sebagai pengusaha properti yang cukup sukses. Lewat bendera PT Nusasembada Bangunindo, mantan ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Sulsel ini merambah bisnis perumahan dari tipe rumah sederhana hingga pemukiman elit.

Baru-baru ini Idris digandeng oleh Grup Ciputra membangun perumahan kelas atas seluas 30 hektare di perbatasan Makassar-Gowa. Nilai proyek ini isebut mencapai Rp350 miliar dan dilakukan secara berbagi beban antara tiga investor.

“Hasil survei kami menunjukkan bisnis hotel ini cukup menjanjikan di Kota Makassar. Kami menyasar konsumen kalangan bisnis,” tukas Idris. Dia mengatakan selayaknya hotel berbintang, hotel milik Smile Group akan dilengkapi sejumlah fasilitas berkelas. Bangunan tersebut diperkirakan memiliki sekitar 160 kamar.