Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Juni 09, 2009

Wali Kota: PDAM Makassar akan direstrukturisasi

MAKASSAR: Wali Kota Ilham Arief Sirajuddin berjanji akan merestrukturisasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar menyusul skandal dugaan korupsi yang melibatkan direksi.

Direktur Utama PDAM Tadjuddin Noor baru-baru ini ditetapkan oleh Kejaksaan Tinggi Sulselbar sebagai tersangka kasus dugaan penggelembungan (mark up) anggaran pada proyek pengadaan pipa.

Selain munculnya kasus mark up, restrukturisasi juga dianggap penting mengingat buruknya manajemen BUMD itu. Menurut Ilham, seluruh jajaran perusahaan milik daerah itu saling menjatuhkan satu sama lain yang berimbas pada kerugian perusahaan.

“Meskipun saya masih menggunakan asas praduga tidak bersalah, namun ada rasa bersalah karena telah menempatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab pada perusahaan ini, baik itu direksi dan jajarannya maupun badan pengawas perusahaan,” tegas Ilham, kemarin.

Menurut Ilham, pihaknya belum bisa memastikan waktu restrukturisasi karena masih berkonsentrasi menyelesaikan masalah PDAM. “Sekarang yang menjadi konsentrasi kami di Pemerintah Kota Makassar adalah mencari simpul permasalahan dan segera dilakukan perbaikan selama tidak mengganggu kinerja PDAM,” tambah Ilham.

Sebelumnya, Ilham menyatakan bakal mencopot Direktur Utama Tadjuddin Noor apabila penetapan yang bersangkutan sebagai tersangka mengganggu ki-nerja perusahaan. Meski demikian, Wali Kota menyatakan masih mempelajari kasus Tadjuddin dan pengaruhnya terhadap PDAM. Dia menegaskan jika terbukti bersalah, Tadjuddin harus bertanggung jawab.