Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Juni 25, 2009

PLKA Sulut Rp10 miliar

MANADO: Nilai transaksi Pasar Lelang Komoditi Agro (PLKA) periode ke 34, yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) mencapai Rp10,146 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri (Dagri) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Janny Rembet, mengatakan, nilai transaksi ini, terjadi peningkatan dibanding periode yang lalu hanya sebesar Rp7,2 miliar.

“Hal ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” tutur Rembet kepada sejumlah wartawan, kemarin. Rembet mengatakan, komoditi yang terjadi transaksi sebanyak 12 masing-masing cabe, cokelat, dodol, gula merah, gula merah semut, jagung, kentang, pakan, pala fuli, pala biji, salak biji.

Komoditi yang mencapai transaksi paling tinggi yakni pala sebesar Rp4 miliar,” kata Rembet. Kegiatan PLKA di Sulut akan tetap berlangsung meski dihantam krisis ekonomi dunia. Karena pemerintah sudah menyediakan anggaran untuk PLKA pada tahun 2009 ini sebesar Rp440 juta.

Hingga saat ini, pelaksanaan PLKA Sulut telah berlangsung 34 kali dengan jumlah transaksi yang sudah mencapai angka ratusan miliaran rupiah . Untuk pertama kali, PLKA dilaksanakan 3 April 2004.

Omzet tertinggi di PLKA Sulut, tercatat sebesar Rp51,83 miliar terjadi di PLKA ke 24 dengan 11 komoditi yang ditransaksikan. Sedangkan komoditi yang menjadi unggulan ditransaksikan di PLKA Sulut diantaranya kentang, coklat, pala, ikan betutu, ikan layang, kopra, dan jagung.