Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Juni 18, 2009

Tahun ini Sulut kirim 1.120 TKI

MANADO: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut tahun ini akan mengirim sekitar 1.120 tenaga kerja Indonesia (TKI) bekerja di beberapa negara, a.l. Taiwan, Malaysia, dan Singapura.

Jumlah itu merujuk surat izin dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang diterima Disnakertrans Sulut. Sekitar 1.000 orang dikirim ke Taiwan, 20 ke Singapura, selebihnya ke Malaysia. “Sulut tahun lalu men-girim 217 TKI ke Malaysia, Hongkong, dan Singapura. Dominan pekerja non formal seperti pembantu rumah tangga dan buruh,” ujar Nixon, kemarin.

TKI Sulut kini lebih mudah mengurus dokumen dengan dibukanya Kantor Balai Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) di Manado. Calon tenaga kerja tidak lagi harus ke Makassar untuk mengurusnya.

Nixon mengatakan sejauh ini belum pernah menerima laporan resmi mengenai persoalan TKI asal Sulut di Malaysia.“Entahlah, apakah TKI Sulut cukup andal dalam melakukan pekerjaan, yang pasti belum ada laporan resmi dari KBRI mana pun,” ujarnya. Sebelum berangkat, TKI Sulut mengikuti pelatihan selama dua hingga tiga bulan.