Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Juni 23, 2009

Kanwil Pajak siap ketemu pengusaha

MAKASSAR: Kanwil Pajak Sulselrabar siap bertemu dengan asosiasi pengusaha dan kalangan lain yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai perpajakan khususnya terkait heboh kasus pemalsuan surat keterangan fiskal (SKF) yang mengemuka belakangan ini.

Sementara itu, dokumen bukti pemalsuan SKF yang diduga dilakukan sekitar 20 perusahaan konstruksi telah diserahkan ke Kepolisian Daerah (Polda) Sulselbar dua pekan lalu.

Kepala Kanwil Pajak Sulselrabar Eddi Setiadi menyampaikan kesediaan berdiskusi itu untuk menanggapi permintaan sejumlah pengurus asosiasi pengusaha yang merespon pemberitaan tentang pemalsuan oleh sekitar 20 perusahaan konstruksi di Makassar.

Bahkan, menurut Eddi, pekan lalu pihaknya sudah menegaskan kesediaan tersebut ketika bersua pengurus baru Kadin Sulsel.
Pada kesempatan itu, Kadin Sulsel disebutkan juga menyambut baik tawaran untuk sosialisasi perpajakan.

“Kamis minggu lalu saya sudah bertemu beberapa pengurus Kadin Sulsel. Tapi saat itu tidak ada ketuanya (Zulkarnaen Arief),” kata Eddi kepada Bisnis, kemarin.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel Latunreng mengatakan kasus pemalsuan SKF belum tentu disebabkan unsur kesengajaan.

Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan peristiwa itu dipicu ketidaktahuan pengusaha bersangkutan. Atas dasar itu, serta untuk mencegah kasus serupa terulang, dia mengusulkan kanwil pajak menggelar sosialisasi khusus tentang SKF.

“Penyebabnya apakah karena birokrasi lama atau memang pengusahanya berniat melanggar. Jujur, tidak ada pengusaha yang mau tabrak tembok dan akhirnya menyusahkan diri sendiri,” kata Latunreng, Minggu.

Sekretaris Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapensi) Sulsel Raymond Arfandi menduga tindakan pemalsuan SKF dilakukan karena perusahaan bersangkutan ingin memangkas waktu.