Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, Juni 08, 2009

Arus penumpang April turun

MAKASSAR: Arus penumpang angkutan udara dan laut di Sulsel pada April 2009 tercatat menurun masing-masing 7,5% dan 12% dibanding bulan sebelumnya.
Penurunan ini dinilai masih wajar mengingat pengguna jasa transportasi udara dan laut pada Maret termasuk tinggi apabila dikomparasikan dengan periode sama tahun lalu.

Pada April 2009, total penumpang angkutan udara melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mencapai 137.351 orang, terdiri atas penumpang domestik 135.680 orang dan internasional 1.671 orang.

Jumlah pengguna jasa angkutan udara domestik tersebut turun 7,8% dibanding Maret 2009. Adapun penumpang internasional melonjak 21,3% terhadap bulan sebelumnya.

Sepanjang tahun ini, jumlah penumpang pada Maret merupakan yang terbanyak atau melampaui Januari di posisi kedua. Total pengguna jasa penerbangan pada April lebih tinggi dibanding Februari. (lihat tabel)Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Bambang Suprijanto mengatakan kondisi transportasi dapat dijadikan salah satu indikator menilai perkembangan ekonomi daerah itu.

Menurutnya, kestabilan arus penumpang sedikit banyak menunjukkan aktivitas perekonomian yang ditopang mobilitas penduduk masih berjalan normal.“Perkembangan paling positif tentu jumlah penumpang internasional yang naik 21%. Tetapi, untuk memberi penilaian lebih tepat, kita harus menunggu beberapa bulan,” katanya, pekan lalu.

Penumpang kapal

Sementara itu, jumlah pengguna kapal laut embarkasi Pelabuhan Makassar selama April 2009 dilaporkan menyentuh 30.399 orang. Angka ini merosot 12% dibanding Maret.

Secara keseluruhan total penumpang angkutan laut tertinggi tahun ini berlangsung pada Januari 44.615 orang. Sama seperti transportasi udara, penumpang paling sedikit juga terjadi di bulan Februari.“Jumlah penumpang debarkasi juga menurun sekitar 4%.

Kalau ditotal, penumpang embarkasi dan debarkasi April 2009 turun 8,97% dibanding Maret,” tutur Kabid Statistik Distribusi BPS Sulsel Anwar Haris. Biasanya BPS hanya melansir data penumpang embarkasi (naik) karena mereka membayar tiket di Makassar.