Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, April 07, 2009

40 Agenda MICE digelar di Manado

MANADO: Sedikitnya 40 agenda pertemuan yang tercakup dalam MICE (meeting, incentive, convention, dan exhibition) akan digelar di Manado, Sulawesi Utara. MICE ini akan digelar apabila Konferensi Lautan Dunia (World Ocean Conference/WOC) dan Prakarsa Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle Initiative/CTI) pada 11-15 Mei 2009 di daerah itu berlangsung sukses.

“Kota Manado akan menjadi daerah penting selain Jakarta dan Bali untuk menggelar kegiatan internasional,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi dalam seminar Pengaruh World Ocean Conference (WOC) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Utara yang digagas Forum Komunikasi BUMN se-Sulut di Manado, kemarin.

Pelaksanaan kegiatan MICE di Manado akan memiliki dampak positif bagi perekonomian di daerah karena semua sektor akan bergerak, seperti pariwisata, usaha mikro kecil menengah (UMKM), perikanan, dan sebagainya.

“Kota Manado sekarang sudah menjadi bahan diskusi internasional karena agenda WOC dan CTI yang melibatkan kepala negara dan pemangku kepentingan terkait lingkungan,” kata Menteri yang juga Ketua Panitia Nasional WOC dan CTI Summit. Kegiatan WOC sendiri akan dihadiri 121 negara yang diperkirakan mencapai ribuan orang, serta CTI Summit sudah dipastikan hadir enam kepala negara anggota “Segi Tiga Terumbu Karang,” yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, dan Kepulauan Salomon, ditambah dua negara peninjau, Amerika Serikat dan Australia.

Menurutnya, pemerintah pusat ber-harap momentum tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin bagi Sulut guna menjawab tantangan globalisasi, karena pertumbuhan ekonomi diyakini meningkat pasca WOC. Acara Senior Officer Meeting (SOM) ASEAN, Konferensi OANA (Organisasi Kantor Berita Asia-Pasifik) dan Sail Bunaken yang menghadirkan ratusan kapal perang dari puluhan negara maritim akan digelar di Manado.

Anggota DPRD Sulawesi Utara AHJ Purukan menilai kotornya Taman Nasional Laut (TNL) Bunaken akibat penyebaran sampah yang tidak terkontrol, jangan sampai menghambat WOC di Manado. Dia berharap pemda segera memperbaiki TNL Bunaken, agar keunggulan daerah wisata itu terus dikenang di mancanegara.