Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, April 13, 2009

Ciputra tanam Rp1,6 triliun di Manado

MANADO: Grup Ciputra berencana menanamkan investasi hingga Rp1,6 triliun untuk mengembangkan 6.000 kavling perumahan beserta berbagai fasilitas dalam proyek Citraland Manado di Kota Manado, Sulawesi Utara. Proyek perumahan prestisius tersebut telah dimulai sejak tahun 2003, tepatnya pada bulan September, di pusat kota Manado. Sejauh ini kelompok pengembang terkemuka itu sudah mengembangkan 1.500 rumah senilai Rp400 miliar.

Presiden Komisaris Grup Ciputra, Ciputra, mengatakan pihaknya juga berkomitmen menambah kelengkapan fasilitas dan properti penunjang lainnya di kawasan perumahan itu. Dia menuturkan hal itu mencakup pembangunan kompleks Monumen Yesus Memberkati. Ciputra, kata dia, berharap Citraland dapat berperan mengangkat citra kota itu sebagai daerah tujuan wisata terkemuka. Kompleks Monumen Yesus Memberkati diproyeksikan menjadi ikon wisata religi ternama di Manado, bahkan Indonesia.

Ciputra menargetkan pembangunan seluruh proyek Citraland Manado dapat rampung pada 2012. “Mudah-mudahan pembangunan segera terselesaikan lima hingga 10 tahun ke depan. Tentunya tergantung market, semakin banyak yang membeli semakin banyak yang diselesaikan,” kata Ciputra di Manado, pekan lalu. Citraland terletak cukup strategis di areal perbukitan di tengah kota Manado, mencakup areal 120 hektare. Berbagai fasilitas yang disediakan Citraland seperti, Citraland Waterpark yang merupakan taman air terbesar di kawasan timur Indonesia, Sekolah Nasional Plus Citra Kasih, pusat perdagangan, dan gerbang Citraland yang megah.

Citraland merupakan proyek unik. Selain topografinya berbukit-bukit, lokasinya dibelah jalan lingkar luar (outer ring road) Manado. Dengan jalan lingkar luar itu, Citraland menjadi simpul penting pengembangan Kota Manado ke arah Kabupaten Minahasa. Berdasarkan catatan Bisnis, Ciputra telah mengibarkan bendera bisnis properti di empat kota di wilayah timur, berturut-turut Citraland City Manado, Citra Garden Banjarmasin, Citraland City Banjarmasin, dan Citra Bukit Indah Balikpapan.

Citraland Manado adalah salah satu proyek awal Ciputra di luar Jawa. Saat ini kelompok usaha tersebut juga tengah mengembangkan proyek perumahan elit di perbatasan Makassar-Gowa, Sulsel. Citraland Celebes tersebut menempati lahan seluas 30 ha yang nilai penjualannya ditaksir mencapai Rp400 miliar. Sama seperti proyek lain di luar Jawa, Ciputra menggandeng mitra lokal, yaitu PT Sinar Galesong dan PT Nusasembada Bangunindo. Citraland Celebes diproyeksikan memiliki 500 unit rumah mewah dua tingkat yang dibanderol paling murah Rp800 juta hingga Rp2 miliar per unit.

Wisata religi

Ciputra mengemukakan perseroan sangat ingin mengemban misi ikut meningkatkan pariwisata Manado dengan membangun kompleks wisata religi di kota itu. Pekan lalu, Ciputra meresmikan fasilitas Jalan Salib di kompleks Monumen Yesus Memberkati. Jalan Salib dengan 187 anak tangga setinggi 33 meter dan panjang 164 meter ini menggambarkan jalan penderitaan Yesus menuju penyaliban.
“Peresmian Jalan Salib kiranya menjadi momentum penting menyambut WOC (World Ocean Conference) di Manado yang makin dekat. Saya berharap Manado bisa menjadi tujuan wisata internasional, karena niat saya menjadikan Manado Jerusalem of Indonesia!” kata Ciputra.

Selain Jalan Salib, terdapat 7 elemen penting lainnya sebagai bagian dari pembangunan Monumen Yesus Memberkati. Tujuh elemen itu a.l. patung Yesus Memberkati, Plaza Taman Getsemani, Plasa Gereja-Gereja berbagai denominasi, The Tower of Blessing, Open Air Theatre, Rumah Biara, dan Rumah Doa.

Saat ini fasilitas yang sudah selesai adalah patung Yesus Memberkati, The Tower of Blessing yaitu sebuah menara yang menjadi latar belakang Open Air Theatre, dan Jalan Salib. Patung Yesus Memberkati berhasil masuk rekor MURI berpredikat patung tertinggi di Indonesia, juga nomor tiga tertinggi di dunia. Patung itu berdiri megah setinggi 30 meter di atas bukit setinggi 33 meter.


>