Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, April 06, 2009

Citilink siap ekspansi ke KTI

MAKASSAR: Maskapai Citilink, unit bisnis PT Garuda Indonesia, akan menambah beberapa rute baru di kawasan timur Indonesia tahun ini dalam upaya merebut kue pasar penumpang menengah bawah. Penambahan rute dimaksud a.l. Makassar-Balikpapan dan Makassar-Gorontalo. Selain itu, penerbangan ke Ambon dan Sorong. Citilink juga menambah frekuensi penerbangan di jalur padat seperti Surabaya-Makassar.

Vice President Strategy Business Unit Citilink Garuda Indonesia Joseph Saul mengatakan pembukaan rute ke KTI dapat dilakukan seiring penambahan jumlah pesawat. Maskapai yang berkantor pusat di Surabaya itu akan memperba­nyak jumlah penerbangannya secara signifikan pada 2009.

Ini menyusul pemisahan atau spin off menjadi anak perusahaan mandiri Garuda dalam waktu dekat, yang direncanakan selambatnya akhir semester I 2009. Semula pemisahan ditargetkan Maret lalu.tilink bakal memeroleh bantuan tambahan 5 unit pesawat dari Garuda. Maskapai komersial itu juga berencana menyewa dua pesawat lagi untuk menggenapkan total 10 pesawat pada tahun ini. Saat ini Citilink mengoperasikan tiga unit pesawat, masing-masing satu Boeing 737 seri 400 dan dua Boeing 737 seri 300.

Joseph mengatakan pasar pener­bangan di kawasan timur Indonesia lumayan menjanjikan khususnya di segmen budgeting. Dia menyebut kendati akan menjadi maskapai mandiri, pihaknya tetap bersinergi dengan Garuda termasuk dalam rute terbang. “Setelah punya 5 pesawat tahun ini, mungkin kami mulai bicara terbang ke Ambon dan Sorong. Kami akan buka rute yang tidak dimasuki Garuda, seperti Makassar-Gorontalo. Segmen middle low sangat besar,” katanya di Makassar, pekan lalu.

Mulai hari Minggu, kemarin, Citi­link resmi melayani jalur Surabaya-Makassar dua kali sehari dari sebelumnya sekali. Rute penerbangan Citilink saat ini Surabaya-Jakarta, Surabaya-Makassar, Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Banjarmasin, Surabaya-Batam, Surabaya-Kupang, dan Surabaya- Ampenan.Lebih jauh Joseph menuturkan pihaknya menargetkan bisa meng­angkut minimal 2 juta penumpang pada tahun 2009.

Tahun lalu, menurutnya, total penumpang Citilink selama 4 bulan berkisar 154.000 orang, yakni September 34.000, Oktober 45.000, November 35.000, dan Desember 40.000 orang. Pada 1 September lalu, Citilink kembali terbang setelah sempat setop operasi per 15 Januari 2008. Unit usaha strategis Garuda ini melayani 16 rute domestik dari Surabaya dengan dua pesawat Boeing 737 seri 300 dan 400.

“Saat itu kami baru punya 2 pesawat. Sekarang dengan rencana memiliki 10 pesawat, kami yakin jumlah penumpang bisa digenjot sampai 2 juta,” jelasnya. Dia mengatakan Citilink meng­ikuti langkah maskapai bertarif murah lain dengan menawarkan tiket promosi untuk pemesanan tiket jauh hari sebelumnya seharga mulai Rp99.000 sekali terbang.

Dia optimistis kebijakan tersebut bakal mendapat sambutan positif dari calon penumpang. Pasalnya, kata dia, Citilink punya keunggul­an ikatan dengan Garuda yang selama ini dikenal sangat aman dan mengutamakan pelayanan. Para pilot Citilink, tuturnya, mendapat pelatihan terbang sama dengan pilot Garuda. Hampir semua pilot Citilink saat ini merupakan pilot Garuda dan telah memiliki jam terbang yang tinggi.