Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, April 08, 2009

Permintaan uang kartal di Balikpapan meningkat

BALIKPAPAN:: Transaksi uang kartal pada semua bank di Balikpapan, Kalimantan Timur, meningkat dalam empat hari transaksi. Kepala Kantor Bank Indonesia Balikpapan Causa Iman Karana mengungkapkan permintaan uang kartal selama 1-6 April 2009 tercatat Rp181 miliar.

Jumlah ini melebihi rerata permintaan uang kartal bulanan di Balikpapan yang berjumlah sekitar Rp150 miliar per bulan. Iman me-ngaitkan kenaikan permintaan ini dengan Pemilu Legislatif 9 April. “Bisa jadi ini karena aktivitas menjelang pemilu sehingga uang yang keluar juga luar biasa,” kata Iman didampingi Deputi KBI Balikpapan Taslim, kemarin.

Kebutuhan uang kartal meningkat sejak awal 2009. BI Balikpapan mencatat permintaan uang kartal dari bulan ke bulan naik, lantas mencapai puncak pada April. “Januari hanya sebesar Rp150 miliar, Februari Rp160 miliar, Maret Rp190 miliar. April ini, baru empat hari saja sudah Rp181 miliar,” kata Iman.

Pemilu, tambah Iman, bukan satu-satunya momen peningkatan kebutuhan uang kartal. Libur panjang karena pemilu menjadi momen orang mengambil dananya di bank untuk keperluan pasca pemilu. “Bisa jadi uang tersebut digunakan untuk biaya transportasi sepanjang pemilu, pembayaran atribut partai, panggung, artis, hingga katering. Dengan gambaran itu permintaan uang kartal di bulan ini meningkat,” jelas Iman.

BI pun telah mengantisipasi kemungkinan permintaan tinggi uang kartal tersebut. BI, tuturnya, menyiapkan dana Rp2,5 triliun–Rp3 triliun untuk tiga bulan ke depan. Menurut Iman, yang perlu diwaspadai jelang pemilu adalah beredarnya uang palsu. Namun hingga kini, KBI menemukan kasus ini hanya dalam jumlah kecil.

Bank Indonesia baru menemukan 10 lembar uang palsu dengan nominal Rp50.000 dan Rp100.000. Sedangkan pada April 2009 ini terungkap empat lembar uang palsu beredar di masyarakat. “Tapi pengungkapan ini persentasenya sangat kecil,” kata Iman.

Iman menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan memperhatikan uang yang diterima. Bagi yang memiliki pengetahuan tentang uang palsu diminta meningkatkan kewaspadaan.