Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, April 07, 2009

Ekspor kakao Cargill turun 20%

MAKASSAR: Pembelian kakao dari petani oleh PT Cargill Indonesia, salah satu raksasa eksportir kakao di dunia, menurun sekitar 20% dalam setahun terak-hir akibat turunnya produksi kakao kualitas baik. Direktur Cargill Indonesia Rudyanto Hady mengata-kan pihaknya agak kesulitan memenuhi permintaan ekspor kakao untuk kepentingan industri pengolahan perseroan seiring merosotnya volume produksi kakao kualitas baik.

Dia menyayangkan kondisi itu sebab permintaan pasar melampaui tingkat produksi dunia saat ini. Rudyanto berharap upaya pemerintah merevitalisasi komoditas perkebunan ini membuahkan hasil dalam waktu dekat. Pemerintah menggelontorkan anggaran Rp2 triliun untuk meremajakan tanaman kakao dan melakukan penanaman kembali di sentra produksi di seluruh Tanah Air yang mayoritas di Sulawesi.

“Pembelian turun sekitar 20% dari tahun sebelumnya untuk periode satu tahun. Permintaan untuk good quality masih tetap lebih besar dari suplai,” ujarnya kepada Bisnis, kemarin.
Rudyanto menuturkan tahun ini pun situasi tampaknya masih sukar membaik. Cargill, kata dia, belum banyak membeli kakao pada triwulan I 2009 sebab bukan musimnya.


“Januari-Maret itu memang tidak ada coklat. Penurunan 20% terjadi pada musim panen April-Agustus dan Oktober-Desember 2008,” jelasnya. Dia menegaskan pembelian berkurang bukan karena permintaan, melain-kan produksi kakao kualitas baik menurun. Dalam beberapa tahun ini, Cargill mengekspor kakao rata-rata 30.000 – 40.000 ton per tahun yang dibeli dari sejumlah wilayah sentra di Indonesia.
Seluruh kakao yang dibeli diekspor langsung ke industri pengolahan Cargill.

Cabang internasional Cargill Incorporated yang berbasis di Minneapolis, AS, tersebut membangun gudang cukup besar di Kawasan Industri Makassar (Kima) demi menopang operasi ekspor kakao yang memang dipusatkan di kota itu. Di Indonesia, Cargill secara berkala meningkatkan bisnisnya di sektor perdagangan komoditas, a.l. dengan membangun gudang di daerah agar dapat membeli langsung dari pedagang pengumpul.

Di samping kakao, Cargill mengekspor sawit dan beberapa komoditas lain. Cargill adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang makanan olahan, hasil tani, dan energi di 63 negara.