Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, April 17, 2009

PLPB Lahendong pasok 50 MW listrik Sulut

MANADO:Setelah setahun krisis listrik terakhir, kini Sulawesi Utara resmi mendapat tambahan pasokan listrik sekitar 50 MW menyusul diresmikannya pembangkit baru oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro.

“Beroperasinya Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLPB) Lahendong II 20 MW dan Lahendong III 30 MW sudah bisa menutupi krisis listrik di Sulut yang berkepanjangan,” kata Kepala Bagian Humas Pemprov Sulut Steven Liow di Manado, kemarin. Sebelumnya, Sulut mengalami krisis listrik setelah daftar tunggu pemasangan listrik sekitar 70 MW belum terlayani oleh PLN.

Maksimum pasokan listrik yang dihasilkan pembangkit di daerah itu mencapai 130 MW dengan tingkat konsumsi masyarakat cukup tinggi. PLTP II dan III yang sudah dioperasikan di Sulut, dijamin ramah lingkungan serta memberikan dampak positif bagi masyarakat, terkait kekurangan daya yang dialami sejak lama.

PLPB Lahendong saat ini memiliki sebanyak sembilan sumur produksi dengan dua sumur injeksi, guna menyuplai uap bagi kegiatan produksi kelistrikan itu. Anggota DPRD Sulut Tonny Kaunang mengatakan penambahan pasokan listrik di daerah itu, diharapkan bisa menggairahkan kegiatan perekonomian serta menambah daftar masuk investasi di daerah.

“Sejauh ini keluhan para investor ketika menanamkan modal di Sulut akibat ketersediaan listrik kurang memadai," katanya. Apalagi Sulut akan menjadi tuan rumah sejumlah hajatan internasional, se-perti World Ocean Conference (WOC), Coral Triangle Initiative (CTI) Summit, SOM ASEAN hingga Sail Bunaken, semuanya pada 2009.