Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, April 08, 2009

BI minta bank siapkan dana di ATM

MAKASSAR: Kantor Bank In­­­do­­nesia (KBI) Makassar meminta bank-bank di kota itu mengantisipasi lonjakan penarikan dana masyarakat melalui anjungan tunai mandiri (ATM) selama empat hari libur pemilu. “Kami sudah meminta bank-bank yang beroperasi di sini menyediakan dana yang mencukupi selama libur pemilu, seperti yang diperintahkan dalam undang-undang pemilu,” kata Koordinator Working Group Kehumasan KBI Makassar Widodo Cahyono di Makassar, kemarin.

Pengumuman BI menyebutkan bahwa dalam rangka menyukses­kan pelaksanaan pemilu yang jatuh pada Kamis 9 April 2009, sesuai dengan UU Pemilu No.10 tahun 2008 pasal 4 ayat 3 dinyatakan­ bahwa pemungutan suara dilaksanakan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

“Bank-bank akan tutup selama empat hari dan baru beroperasi kembali Senin pekan depan,” kata­ Widodo seperti ditulis Antara. Menurut dia, untuk mempermudah masyarakat yang membutuhkan dana selama libur nasional, BI telah mengirimkan surat ke seluruh bank di Sulsel agar menyediakan dana tambahan bagi masyarakat melalui layanan tran­saksi ATM.

Selain itu, bank di Sulsel juga diminta secepatnya menyelesaikan transaksi sebelum jatuh tempo 9 April. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan keleng­kapan administrasi transaksi.

Sehubungan dengan itu, diinformasikan bahwa kantor pusat bank sentral, KBI, dan kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia tidak beroperasi pada hari pelaksanaan pemilu tersebut. Pada 10 April 2009 juga merupa­­kan hari libur nasional, yaitu hari Wafat Isa Almasih sehingga operasional BI kembali normal pada Senin 13 April 2009.